Selasa, 16 Oktober 2012

ARTI SEBUAH KRITIKAN


baru sempet buka soalnya.. hehehhe :D
tapi kali ini gue mau share tentang kritik,nggak tau kenapa soalnya mungkin karna gue lagi ngalamin ,gue langsung nyari2 artikel tentang kritik gitu.. gue nemuin satu artikel yang menurut gue bagus dan lagi ngebahas gue banget sekarang... hehehe.. mungkin karna gue orangnya anti kritik,,tapi setelah baca ini,gue simpulin buat gue sendiri,bahwa sebenarnya orang yang dikiritik itu seneng seharusnya,, bukan tambah down,,orang yang mengkritik kita itu berarti peduli terhadap kita.. #kebanyakan kata gue nih.. -_-
oke gitu aja,,nggak usah panjang lebar..
nih artikelnya:

Kritik memiliki banyak bentuk...Kritik bisa berupa nasehat, obrolan, sindiran, guyonan, hingga cacian pedas.Wajar saja jika setiap orang tidak suka akan kritik.

Bagaimanapun, akan lebih menyenangkan jika kita berlaku dan tampil sempurna, memuaskan semua orang dan mendapatkan pujian.

Tapi siapa yang bisa menjamin bahwa kita bisa aman dari kritik? kita hanyalah manusia dengan segala keterbatasannya. Dan nyatanya, di dunia ini lebih banyak orang yang suka mengkritik, daripada dikritik.

seandainya anda mendapatkan kritikan, yang sakitnya melebihi tamparan, apa
yang harus anda lakukan?

Jawabannya adalah... Nikmatilah setiap kritikan yang orang lain berikan

Mungkinkah? Mengapa tidak!

Kita mempunyai wewenang penuh untuk mengontrol perasaan kita.

Berikut tips untuk anda saat menghadapi kritik:

1. Ubah Paradigma anda Terhadap Kritik
Anda, tidak sedikit orang yang jatuh hanya gara-gara kritik, meski tidak semua kritik itu benar dan perlu ditanggapi. Padahal, kritik menunjukkan adanya yang *masih peduli* kepada kita.

2. Cari tahu sudut pandang si pengkritik
Tidak ada salahnya mencari tahu detil kritik yang disampaikan. Anda bisa belajar dari mereka dan melakukan koreksi terhadap diri Anda. Bisa jadi kritik yang disampaikan benar adanya.

Jika perlu, justru carilah orang yang mau memberikan kritik sekaligus saran
kepada Anda. Bagaimanapu juga tidak akan menjadi rendah dengan hal itu. Justru sebaliknya, pendapat orang bisa jadi membuka persepsi, wawasan, maupun paradigma baru yang mendukung goal Anda.

3. Kritik tidak perlu dibalas dengan kritik!
Tanggapi kritik dengan bijak. Anda tidak perlu merasa marah atau memasukkannya ke dalam hati. Bagaiamanapun juga menyampaikan pendapat adalah hak semua
orang.

Nikmatilah apapun yang mereka sampaikan. Tidak ada ruginya untuk ringan dalam mema'afkan seseorang. Anggaplah semua itu untuk perbaikan yang menguntungkan anda kelak. Jangan pernah anda balas kritik dengan kritik. Karena hal ini hanya akan membuat perdebatan, menguras tenaga & pikiran. Tidak ada gunanya...

4. Terimalah kritikan dengan senyuman.
Ini semua bisa melatih mental kita agar bisa *tegar* menghadapi ujian yang
lebih hebat di kemudian hari. Singkatnya, kita memang hanya layak dipuji jika sudah berani menerima kritikan. Meski tidak mudah, asah terus keberanian Anda untuk menikmati kritikan.Ingat, pujian dan apresiasi hanya akan datang apabila kita sudah melakukan sesuatu yang berharga .

Semoga bermanfaat yaah ^_^



http://romyhidayat.blogspot.com/2009/10/arti-sebuah-kritikan.html

0 komentar:

Poskan Komentar

 
;